MABADI ILMU TAJWID








MABADI ASYRAH ILMU TAJWID

 

1.    Nama :

 

اِسْمُ هَذَا الْعِلْمِ: عِلْمُ التَّجْوِيْدِ

Nama ilmu ini adalah ilmu tajwid


 

2.    Pengertian :

 

وَحَدُّهُ عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ كَيْفِيَّاتُ نُطْقِ الْحُرُوْفِ وَالْعِنَايَةِ بِمَخَارِجِهَا وَصِفَاتِهَا وَمَا يَعْرِضُ لَهَا مِنْ أَحْكَامٍ وَمَا يَتَعَلَّقُ بِذَلِكَ وَقْفاً وَابْتِدَاءً وَوَصْلاً وَقَطْعاً. وَالتَّجْوِيْدُ لغةً التَّحْسِيْنُ، وَاصْطِلَاحًا: هُوَ إِخْرَاجُ كُلِّ حَرْفٍ مِنْ مخرَجِهِ، مَعَ إِعْطَائِهِ حَقَّهُ وَمُسْتَحَقَّهُ؛ فَحَقُّ الحَرْفِ هُوَ مَخْرَجُهٌ وصِفَاتُهُ اَلَّتِي لَا تُفَارِقُهُ؛ كَالْهَمْسِ وَالْجَهْرِ. وَمُسْتَحَقُّهُ هُوَ الصِّفَاتُ اَلَّتِي يُوْصَفُ الْحَرْفُ بِهَا أَحْيَانًا، وَتُفَارِقُهُ أَحْيَانًا؛ كَالتَّفْخِيْمِ وَالتَّرْقِيْقِ بِالنِّسْبَةِ لِلرَّاءِ

 

Pengertian ilmu tajwid adalah ilmya yang membahas tentang (1) tata cara mengucapkan huruf-huruf al-qur’an dan Bahasa Arab, (1) memperhatikan terhadap makhroj (tempat keluarnya) huruf al-qur’an dan sifat-sifatnya, (3) dan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan itu semua baik pembahasan waqof, ibtida’, dan qotho’. Arti tajwid secara Bahasa adalah memperindah, adapun arti tajwid secara istilah adalah mengeluarkan setiap huruf al-qur’an dari tempat keluarnyanya disertai memberikan haq dan mustahaq nya dengan sesuai. Maksud dari haq huruf adalah makhroj (tempat keluar) huruf dan sifat-sifatnya yang tidak dapat terpisahkan seperti hams, dan jahr, maksud dari mustahaq huruf adalah sifat-sifat huruf yang suatu waktu terdapat pada huruf dan suatu waktu berpisah dengan huruf tersebut, seperti tafkhim dan tarqiq bila dinisbatkan pada hukum bacaan huruf ro’.

 

 

3.    Objek kajian :

 

وَمَوْضُوْعُهُ الكَلِمَاتُ القُرْآنِيَّةُ، مِنْ حَيْثُ إِعْطَاءُ الحُروْفِ حًقَّها وَمُسْتَحَقَّهًا، دُوْنَ تكلُّفٍ فِي النُّطْقِ أَوْ تَعَسُّفٍ


Objek kajian ilmu tajwid adalah kalimah (kosa kata) al-qur’an dari sisi memberikan haq dan mustahaq kepada tiap huruf yang ada didalamnya tanpa takaluf (terbebani) dalam pengucapannya dan ta’asuf (sewenang-wenang/serampangan).

 

 

4.    Faidah dan Tujuan mempelajari :

 

وَثَمْرَتُهُ صَوْنُ اللِّسَانِ عَنِ اللَّحْنِ عِنْدَ قِرَاءَةِ كِتَابِ اللهِ تعالى.

 

Buah atau hasil dari ilmu tajeid adalah untuk menjafa lisan dari lahn (salah baca) disaat membaca al-qur’an kitab suci Allah SWT

 

 

5.    Masalah :

 

وَمَسَائِلُهُ مَجْمُوعَةٌ مِنَ الْقَضَايَا وَالْقَوَاعِدِ الْكُلِّيَّةِ، اَلَّتِي يُتَعَرَّفُ بِهَا عَلَى جُزْئِيَّاتِ هَذَا الْعَلَمِ، الَّتِي وَضَعَهَا أَهْلُ الْأَدَاءِ وَعُلَمَاءِ الْقِرَاءَةِ، نَحْوُ أَحْكَامِ الْمَدِّ وَالْقَصْرِ، وَالنُّونِ السَّاكِنَةِ، وَالتَّنْوِينِ.

 

Masalah yang dikaji didalam ilmu tajwid adalah kumpulan ketetapan aturan dan kaidah-kaidah umum yang mana dengan kaidah tersebut persialan parsial dakam ilmu ini daoat diketahui dan dibuat oleh ahlu ada’ (orang yang ahli dalam bidang tilawah dan tajwid) dan ulama qiro’at, contohnya hukum-hukum mad, qoshor, nun sakinah, dan tanwin.

 

 

6.    Dasar pengambilan :

 

وَاسْتِمْدَادُهُ مِنْ الْكَيْفِيَّةِ الَّتِي أَقْرَأَ بِهَا جِبْرِيلُ رَسُولَ اَللَّهِ - صَلَّى اَللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَقَرَأَ بِهَا اَلنَّبِيُّ ، وَهَذِهِ اَلْكَيْفِيَّةُ وَصَلَتْ إِلَيْنَا عَنْ طَرِيقِ اَلصَّحَابَةِ - رَضْوَانُ اَللهِ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِينَ - ثُمَّ اَلتَّابِعِينَ، ثُمَّ أَهْلِ التِّلَاوَةِ وَالْأَدَاءِ الْمُتَّصِلِ سَنَدُهُمْ بِسَيِّدِنَا رَسُولِ اَللَّهِ - صَلَّى اَللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

 

Sumber dasar ilmu tajwid adalah dari tata cara bacaan al-qur’an yang Jibril bacakan kepada rosullullah saw dan bacaan al-qur’an yang nabi bacakan. Kaifiyah (tata cara) bacaan ini bersampung sampai kepada kita melalui jalur para sahabat nabi -semoga allah meridhoi mereka- kemudian dilanjutkan para tabi’inn, kemudian dilanjutkan oleh ahli tilawah wal ada’ (orang yang ahli dalam bidang tilawah dan tajwid), yang mana keseluruhan sanad (runtutan) bacaan mereka bersambung sampai kepada nabi Muhammad SAW.

 

 

7.    Hukum mempelajari :

 

وَحُكْمُ الشَّارِعُ فِيْهِ فَرْضُ عَيْنٍ عَلَى كُلٍّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ فِي مَا يَتَعَلَّقُ بِالْوَاجِبَاتِ كَالْفَاتِحَةِ فِي الصَّلَاةِ وَأمَّا التَّجْوِيدُ الْعِلْمِيُّ النَّظَرِيُّ التَّفْصِيْلِيُّ : فَهُوَ فَرْضُ كِفَايَةٍ

 

Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu ain bagi setiap muslim dan Muslimah, adapun mempelajari ilmu tajwid secara mendalam (nadzhori) maka hukumnya adalah fardhu kifayah.


 

8.    Hubungan :


وَنِسْبَتُهُ لِبَاقِي العُلُوْمِ التَّبَاينُ وَأَنَّهُ أَحَدُ الْعُلُومِ الشَّرْعِيَّةِ الْمُتَعَلِّقَةِ بِالْقُرْانِ الْكَرِيمِ 

 

Hubungan ilmu tajwid dengan ilmu-ilmu lainnya adalah sebagai tabayun (perbandingan/pembeda) dan ilmu tajwid merupakan salah satu dari ilmu syariat islam yang berkaitan dengan Al-Qur’an Al-Karim.

 


9.    Keutamaan :


وَفَضْلُهُ: أَنَّهُ مِنْ أَشْرَفِ اْلعُلُوْمِ وَأَعْلَاهَا مَنْزِلَةً، وَذَلِكَ مِنْ جِهَةِ تَعَلُّقِهِ بِكِتَابِ اللهِ.

 

Keutamaan ilmu tajwid adalah ia merupakan salah satu dari ilmu yang mulia dan luhur posisinya karena berkaitan erat dengan kitab suci Allah SWT.


 

10. Pendiri :


وَوَاضِعُهُ مِنَ النَّاحِيَةِ الْعَمَلِيَّةِ- هُوَ سَيِّدُنَا مُحَمَّدٌ- صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عَنْ طَرِيقِ تَلَقِّيِهِ عَنْ جِبْرِيْلَ- عَلَيْهِ السُّلَّامُ-، عَنْ رَبِّ الْعِزَّةِ- عَزَّ وَجَلَّ- وَأَمَّا الَّذِي وَضَعَهُ مِنَ النَّاحِيَةِ الْعِلْمِيَّةِ أَوِ النَّظَرِيَّةُ؛ أي: وَضَعَ قَوَاعِدَهُ، وَأصَّلَ أُصُوْلَهُ، وَوَضَعَ أَحْكَامَهُ وَمَسَائِلَهُ: فَاَئِمَةُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ واَهْلِ الْقُرَّاءِ، كَالْاِمَامِ أَبِي الْأَسْوَدِ الدُّؤَلِي، وَالْاِمَامِ الْخَلِيلِ بْنِ أَحَمِدَ الفَرَاهِيْدِيِّ وَالْاِمَامِ حَفْصِ بْن عُمَرَ الدُّورِيِّ

 

Orang yang Menjadi perintis atau pendiri ilmu tajwid dalam arti orang yang pertama kali mengamalkannya adalah nabi Muhammad SAW dari Jibril As dari Allah Azza wa jalla. Adapun pendiri ilmu tajwid secara ilmiah dalam artian orang yang membuat istilah kaidah-kaidah, dasar-dasar, hukum-hukum, dan masalah yang dikaji dalam ilmu tajwid maka ia adalah para imam Bahasa arab dan ahli qiro’at seperti imam abu aswad ad-du’ali, imam kholil bin ahmad al-farohidi, dan imam hafsh bin umar ad-duri.

 

 

 

Referensi :


  • Tahqiq Mabadi Al-Ulum Al-Ahad Asyar, Sholih Ali Rojab, Kairo-Mesir, Mathba’ah Wadhil Muluk
  • Al-Lu’lu’ Al-Mandzum Fi Mabadi Al-Ulum, Abu Ilyan Syafi’i, Kairo-Mesir, Farid Dhorghomi Al-Azhar
  • Al-Bidayah Fi Mabadi Ulum As-Syariyah, Kholid Bin Mahmud Al-Juhni, T.T - T.T, Maktabah Al-Alukah
  • Abjad Al-Ulum, Shodiq Bin Hasan Al-Qonuji, Kementerian Kebudayaan Dan Bimbingan Nasional Damaskus, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Kasyfu Adz-Dzunun, Haji Kholifah, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Idhah Al-Maknun Fi Adz-Dzaili Ala Kasyfi Adz-Dzunun, Syeikh Isma’il Basya Bin Muhammad Amin Al-Baghdadi, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Ghayah Al-Murid Fi Ilmi Tajwid, Syeikh Athiyah Qobil Nashr, Kairo-Mesir, Al-Qohirah.
  • Ar-Raudhah An-Nadiyah Syarh Matan Jazariyah, Mahmud bin Muhammad Abdul Mun’im, Al-Maktabah Al-Azhariah Li At-Turats, Kairo-Mesir
  • Ad-Daqa’iq Al-Muhakkamah Syarh Matan Jazariyah, Imam Zakariya Al-Anshari, Maktabah Al-Fitriy Al-Mishri, Kairo-Mesir

 

 

 

Waullohu a’lam

 

 

 

M. Rifqy Aziz Syafe'i