MABADI ILMU BALAGHAH




MABADI ASYRAH ILMU BALAGHOH 

(MA’ANI, BAYAN, & BADI’)



1.    Nama :


اِسْمُ هَذَا الْعِلْمِ : عِلْمُ الْبَلَاغَةِ، وهُوَ يَشْتَمِلُ عَلَى ثَلَاَثةِ فُنُوْنٍ: عِلْمِ الْمَعَانِي، وعِلْمِ الْبَيَانِ، وعِلْمِ الْبَدِيْعِ، وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا مَبَادِئٌ عَشْرَةٌ


Nama ilmu ini adalah ilmu Balaghoh, ilmu ini mencakup tiga disiplin ilmu yaitu, ilmu ma’ani, ilmu bayan, dan ilmu badi’. Masing-masing dari ketiga ilmu tersebut mempunyai mabadi asyroh (10 pengantar dasar tentang ilmu tersebut).

 



2.    Pengertian :


Ilmu Ma'ani


وَحَدُّ عِلْمِ الْمَعَانِي: عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ أَحْوَالُ اللَّفْظِ الْعَرَبِيّ اَلَّتِي يُطَابِقُ بِهَا الْكَلَامُ مُقْتَضَى الْحَالِ

Pengertian ilmu ma’ani adalah ilmu yang mana dengannya (ilmu tersebut) dapat diketahui kondisi-kondisi lafadz bahasa arab sesuai dengan ketentuan kondisi. (ilmu ma’ani adalah ilmu yang mempelajari kesesuaian antara konteks pembicaraan dengan situasi dan kondisi sehingga maksud dan tujuan bisa tersampaikan secara jelas dan gamblang).


 

Ilmu Bayan


وَحَدُّ عِلْمِ الْبَيَانِ عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ إِيْرَادُ الْمَعْنَى الْوَاحِدِ بِطُرُقٍ مُخْتَلِفَةٍ فِي وُضُوْحِ الدِّلَالَةِ عَلَيْهِ

Ilmu bayan adalah ilmu yang mana dengannya dapat diketahui datangnya ma’na yang satu dengan metode yang berbeda-beda didalam sisi kejelasan penunjukannya terhadap sebuah arti. (ilmu bayan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari cara mengungkapkan bahasa dengan susunan kalimat yang beragam, di mana yang sebagian lebih jelas penunjukan maknanya atau lebih berkesan dari yang lain).


 

Ilmu Badi’


وَحَدُّ عِلْمِ الْبَدِيْعِ عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ وُجُوْهُ تَحْسِيْنِ الْكَلَامِ بَعْدَ رِعَايَةِ مُطُابَقَةِ الْكَلَامِ لِمُقْتَضَى الْحَالِ وَرِعَايَةِ وُضُوْحِ الدِّلَاَلِة

Pengertian ilmu badi’ adalah ilmu yang yang mana dengannya dapat diketahui arah-arah memperindah suatu kalam setelah memperhatikan kesesuaian kalam dengan kondisi dan setelah memperhatikan kejelasan arti. (ilmu yang mempelajari tentang arah dan cara mendatangkan suatu kalam dengan indah setelah sesuainya kalam dengan kondisi pembicaraan dan setelah jelas artinya).



 

3.    Objek kajian :


Ilmu Ma'ani


وَمَوْضُوْعُ عِلْمِ الْمَعَانِي اللَّفظُ الْعَرِبِيُّ مِنْ حَيْثُ إِفَادَتِهِ الْمَعَانِيَ الثَّوَانِيَ

Objek kajian ilmu ma’ani adalah lafadz bahasa arab ditinjau dari sisi pemberiannya lafadz tersebut pada sebuah arti yang kedua (arti lanjutan yang menjadi maksud ucapan).


 

Ilmu Bayan


وَمَوْضُوْعُ عِلْمِ الْبَيَانِ اللَّفْظُ الْعَرَبِيُّ ، مِنْ حَيْثُ إِنَّهُ مُخْتَلِفٌ فِي وُضُوْحِ الدِّلَالَةِ عَلَى الْمَعْنَى الْمُرَادِ

Objek kajian ilmu bayan adalah lafadz bahasa arab ditinjau dari sisi perbedaannya dalam kejelasan penunjukan atas sebuah arti yang dimaksudkan


 

Ilmu Badi’


وَمَوْضُوْعُ عِلْمِ الْبَدِيْعِ اللَّفْظُ الْعَرَبِيُّ مِنْ حَيْثُ يُبْحَثُ فِيْهِ وُجُوْهُ التَّحْسِيْنِ

 

Objek kajian ilmu badi’ adalah lafadz bahasa arab ditinjau dari sisi pembahasan arah keindahannya.



 

4.    Faidah dan Tujuan mempelajari :


Ilmu Ma’ani


وَفَائِدَةُ عِلْمِ الْمَعَانِي اَلْاِخْتِرَازُ فِي تَأْدِيَةِ الْمَعْنَى الْمُرَادِ وَمَعْرِفَةُ إِعْجَازِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ مِنْ جِهَةِ مَا خَصَّهُ اللهُ بِهِ مِنْ جُوْدَةِ السَبَّكِ وحُسْنِ الْوَصْفِ، وَبَراعَةِ التَّرَاكِيْبِ


Faidah ilmu ma’ani adalah menjaga diri dari kesalahan mendatangkan ma’na yang dimaksud, dan mengetahui kemu’jizatan al-qur’an karim ditinjau dari sisi apa-apa yang allah khususkan pada al-qur’an dari kualitas kebagusan susunanya, keindahaan penyebutannya, dan keteraturan susunannya.

 


Ilmu Bayan


وَفَائِدَةُ عِلْمِ الْبَيَانِ اَلْاِخْتِرَازُ عَنِ التَّعْقِيْدِ الْمَعْنَوِيِّ وَمَعْرِفَةُ اِيْرَادِ الْمَعْنَى الْوَاحَدِ فِي تَرَاكِيْبَ مُخْتَلِفَةٍ فِي وُضُوْحِ الدِّلَاَلةِ وَمَعْرِفَةُ مَا فِيْهِ مِنْ تَفَاوُتٍ فِي فُنُوْنِ الْفَصَاحَةِ، وَتَبَايُنٍ فِي دَرَجَاتِ الْبَلَاغَةِ اَلَّتِي يَصِلُ بِهَا إِلَى مَرْتَبَةِ إِعْجَازِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ


Faidah ilmu bayan adalah (1) menjaga diri dari keasalahan ta’kid m’nawi (Kesamaran dalam penunjukan ma'na yang dimaksud), (2) mengetahui cara mendatangkan sebuah ma’na yang satu didalam susunan kalam yang bereda-beda dalam sisi kejelasan penunjukannya, dan mengetahui apa-apa yang ada didalam ma’na tersebut dari perbedaan tingkatan dalam ragam kefasihan, (3) dan mengetahui perbandingan derajat  “balaghah” (kefasihan berbahasa arab dari sisi ma’nanya) yang mana dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut dapat menyampaikan kepada pengetahuan terhadap tingkatan i’jaz (kemu’jizatan) al-qur’an.

 


Ilmu Badi’


وَفَائِدَةُ عِلْمِ الْبَدِيْعِ مَعْرِفَةُ وُجُوْهِ تَحْسِيْنِ الْكَلَامِ وَمَعْرِفَةُ اَحْوَالِ كَلَامِ اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَكَلَامِ الْبُلَغَاءِ وَالْاِقْتِدَارُ عَلَى اَدَاءِ الْكَلَامِ الْحَسَنِ

 

Faidah ilmu badi’ adalah mengetahui arah memperindah kalam (pembicaraan), mengetahui kondisi-kondisi kalamullah, kalam rasullullah, dan kalam orang-orang yang fasih, serta memberi kemampuan untuk mendatangkan kalam (pembicaraan) yang indah.



 

5.    Masalah :


Ilmu Ma’ani


وَمَسَائِلُ عِلْمِ الْمَعَانِي  القَضَايَا اَلَّتِي تُذْكَرُ فِيْهِ، وَهِيَ: اَحْوَالُ الْاِسْنَادِ الْخَبَرِيِّ، وَاَحْوَالُ الْمُسْنَدِ اِلَيْهِ، وَاَحْوَالُ الْمُسْنَدِ، وَاَحْوَالُ مُتَعَلِّقَاتِ الْفِعْلِ، وَالْقَصْرُ، وَالْاِنْشَاءُ، وَالْفَصْلُ وَالْوَصْلُ، وَالْاِيْجَازُ وَالْاِطْنَابُ وَالْمُسَاوَاةُ.


Masalah yang dikaji dalam ilmu ma'ani adalah ketentuan-ketentuan yang disebutkan didalamnya, yaitu keadaan isnad khabari, keadaan musnad ilaih, keadaan musnad, keadaan-keadaan yang berkait dengan fi'il (perbuatan), qashr, inysa', fashl, washl, ijaz, ithnab, dan musawah.



Ilmu Bayan


وَمَسَائِلُ عِلْمِ الْمَعَانِي  القَضَايَا اَلَّتِي تُذْكَرُ فِيْهِ، وَهِيَ: التَّشْبِيْهُ، وَالْحَقِيْقَةُ وَالْمَجَازُ، وَالْكِنَايَةُ، وَمَا يَتَعَلَّقُ بِهَا

Masalah yang dikaji dalam ilmu bayan adalah ketentuan-ketenduan yang disebutkan didalamnya, yaitu tasybih, hakikat, majaz, kinayah dan hal-hal yang berkaitan dengannya.



Ilmu Badi’


وَمَسَائِلُ عِلْمِ الْمَعَانِي القَضَايَا اَلَّتِي تُذْكَرُ فِيْهِ، وَتَنْحَصِرُ اِلَى بَابَانِ: الْمُحَسِّنَاتِ الْمَعْنَوِيَّةِ وَالْمُحَسِّنَاتِ اللَّفْظِيَّةِ


Masalah yang dikaji dalam ilmu badi' adalah ketentuan-ketentuan yang disebutkan didalamnya, dan hal tersebut terbatas kepada dua bab saja, bab pertama tentang muhassinat ma'nawiyah (gaya bahasa yang memberikan keindahan pada aspek makna atau semantik dalam sebuah ungkapan) dan bab kedua tentang muhassinat lafdziyah (gaya bahasa yang menjadikan kata-kata lebih indah dan enak untuk didengar dari segi lafaz atau artikulasi bunyinya)




6.    Dasar pengambilan :


وَاسْتِمْدَادُ عِلْمِ الْمَعَانِي وَالْبَيَانِ وَالْبَدِيْعِ مِنَ الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ وَكَلَامِ الْعَرَبِ الفُصَحَاءِ


Sumber dasar ilmu ma’ani, bayan, dan badi’ adalah al-qur’an, hadis, dan Bahasa arab yang fasih


 

7.    Hukum mempelajari :


وَحُكْمُى الشَّارِعِ فِي عِلْمِ الْمَعَانِي وَالْبَيَانِ وَالْبَدِيْعِ الْوُجُوْبُ الْعَيْنِيُّ إِنْ تَوَقَّفَ عَلَيْهِ الْوَاجِبُ الْعَيْنِيُّ كَالتَّصْدِيْقِ بِاَنَّ الْقُرْآنَ مُعْجِزٌ، وَالْوُجُوْبُ الْكَفَائِيُّ اِنْ تَوَقَّفَ عَلَيْهِ الْوَاجِبُ الْكِفِائِيُّ كَرَدِّ مُعَانِدِ اِعْجَازِ الْقُرْاَنِ


Hukum mempelajari ilmu balaghah adalah fardhu kifayah bagi penduduk suatu daerah, adapun mempelajari ilmu balaghah bagi orang yang membaca kitab tafsir Al-Qur’an dan hadis maka hukumnya adalah fardhu ain seperti memberikan bantahan kepada orang yang menentang kemu'jizatan al-Qur'an.

 


8.    Hubungan :


وَنِسْبَتُهُ لِبَاقِي العُلُوْمِ التَّبَاينُ وَأَنَّهُ مِنْ عُلُوْمِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ


Hubungan ilmu balaghah dengan ilmu lain adalah sebagai tabayun (pembeda/perbandingan/masing-masing memiliki kejelasan), dan ilmu Balaghoh merupakan salah satu ilmu tata Bahasa arab.


 

9.    Keutamaan :


وَفضلُهُ: أَنَّهُ مِنْ أَشْرَفِ العُلُوْمِ وأَعْلَاهَا منزلةً، وَذَلِكَ مِنْ جِهَةِ تَعَلُّقِهِ بِكِتَابِ اللهِ تَعَالَى.


Keutamaan ilmu balaghoh adalah ia merupakan salah satu dari ilmu yang mulia dan luhur posisinya karena berkaitan erat dengan kitab suci Allah SWT.



 

10. Pendiri :


Ilmu Ma’ani


وَوَاضِعُ عِلْمِ الْمَعَانِي: اَلشَّيْخُ عَبْدُ الْقَاهِرِ اَلْجُرْجَانِي


Pendiri ilmu ma’ani adalah syeikh abdul qohir al-jurjani


 

Ilmu Bayan


وَوَاضِعُ عِلْمِ الْبَيَانِ اَلشَّيْخُ أَبُوْ عُبَيْدَةَ مَعْمَرُ بْنُ الْمُثَنَّى التَّيْمِيُّ الْبَصْرِيُّ الَّذِي دَوَّنَ مَسَائِلَ هَذَا الْعِلْمِ فِي كِتَابِهِ الْمُسَمَّى «مَجَازُ الْقُرْآنِ»


Pendiri ilmu bayan adalah Abu Ubaidah Ma'mar bin al-Mutsanna at-Taimi al-Bashri yang menyusun masalah-masalah ilmu bayan didalam kitabnya “majaz al-qur’an”


 

Ilmu Badi’


وَوَاضِعُ عِلْمِ الْبَدِيْعِ الشَّيْخُ عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُعْتَزِ الْعَبَّاسِي


Pendiri ilmu badi’ adalah Abdullah bin Mu’tazi Al-Abbasi



Referensi :

 

  • Tahqiq Mabadi Al-Ulum Al-Ahad Asyar, Sholih Ali Rojab, Kairo-Mesir, Mathba’ah Wadhil Muluk

  • Al-Lu’lu’ Al-Mandzum Fi Mabadi Al-Ulum, Abu Ilyan Syafi’i, Kairo-Mesir, Farid Dhorghomi Al-Azhar

  • Al-Bidayah Fi Mabadi Ulum As-Syariyah, Kholid Bin Mahmud Al-Juhni, T.T - T.T, Maktabah Al-Alukah

  • Abjad Al-Ulum, Shodiq Bin Hasan Al-Qonuji, Kementerian Kebudayaan Dan Bimbingan Nasional Damaskus, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi

  • Kasyfu Adz-Dzunun, Haji Kholifah, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi

  • Idhah Al-Maknun Fi Adz-Dzaili Ala Kasyfi Adz-Dzunun, Isma’il Basya Bin Muhammad Amin Al-Baghdadi, Beirut-Libanon, Dar Ihya AtTurots Al-Arabi

  • Hasyiah Ala Hilyah Lubbil Masun Syarh Jauhar Maknun, Syeikh Makhluf bin Muhammad Al-Badawi, Jakarta-Indonesia, Dar Al-Kutub Al-Islamiyah

 

 


Waullohu A'lam



M. Rifqy Aziz Syafe'i