بسم الله الرحمن الرحيم
مُقَدِّمَة
Pembukaan
اَلْحَمْدُ للهِ وَصَلَّى رَبُّنَا ۞ عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفى حَبِيْبِنَا
segala puji bagi Allah, dan semoga rahmat tuhan kita (Allah swt) untuk Nabi yang terpililih, kekasih kita
وَألِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ قَرَى ۞ وَهَاكَ فِى التَجْوِيْدِ نَظْمًا حُرِّرَا
dan keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang membaca, dan mempelajari ilmu tajwid sebagai nadzam /syair yang diperinci
سَمَّيْتُهُ هِدَايَةَ الصِّبْيَانِ ۞ اَرْجُو إلِهِي غَايَةَ الرِّضْوَانِ
aku (penulis) namakan kitab ini “hidayatus sibyan / petunjuk anak-anak”, aku mengharapkan keridhoan yang tinggi dari tuhanku
بَابُ أَحْكَامِ التَّنْوِيْنِ وَالنُّونِ السَّاكِنَة
Tanwin Dan Nun Mati
أحْكَامُ التَنُوْيِنِ وَنُوْنٍ تَسْكُنُ ۞ عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُا
hukum tanwin dan nun mati ketika bertemu huruf hija’iyah itu ada lima yang akan dijelaskan berikut :
اِظْهَرُ اِدْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ اَوْ ۞ بِغَيْرِهَا وَالْقَلب وَاْلأِخْفَاء رَوَوا
yaitu idzhar, idgham bighunnah dan bila ghunnah, iqlab dan ikhfa’
فَظْهِر لَدَى هَمْزٍ فَهَاءٍ حَاءِ ۞ وَالْعَيْنِ ثُمَّ الْغَيْنِ ثُمَّ الخَاءِ
maka idzharkan ketika bertemu ا, هَ, حَ, ‘عَ, غَ dan خَ’
ﻭَﺍﺩْﻏِﻢْ ﺑِﻐُﻨَّﺔٍ ﺑِﻴَﻨْﻤُﻮْ ﻻَﺍِﺫَﺍ ۞ ﻛَﺎﻥَ ﺑِﻜِﻠْﻤَﺔٍ ﻛَﺪُﻧْﻴَﺎ ﻓَﺎﻧْﺒِﺬَﺍ
idghamkan bighunnah ketika bertemu ﻴَﻨْﻤُﻮْ yanmu, kalimah ﻴَﻨْﻤُﻮْ tidak idgham jika satu kalimah seperti dunya ﺪُﻧْﻴَﺎ
وَادْغِمْ بِلاَ عُنَّهِّ فِى لاَمِ وَرَا ۞ فَالْقَلْبُ عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمَا ذُكِرَ
idghamkan bila ghunnah ketika bertemu lam dan ra’, dan iqlabkan ke mim ketika bertemu ba
وَاَخْفِيَنَّ عِنْدَ بَاقِى الأَحْرُفِ ۞ جُمْلَتُهَا خَمْسَةُ عَشْرٍ فَاعْرِفِ
dan ikhfa’-kan ketika bertemu sisa huruf, jumlahnya lima belas, maka ketahuilah
باب أحكام الميم والنون المشددتين والميم الساكنة
Mim dan Nun Yang Di Tasydid Dan Mim Mati
وْغُنَّةٌ قَدْاوَجَبُوْهَا اَبَدَا ۞ فِى المِيْمِ وَالنُّوْنِ إِذَا مَاشُدِّدَا
wajib ghunnah (didengungkan) menurut ulama selama mim dan nun م نْ keduanya di tasydid
وَالْمِيْمُ إِنْ تَسْكُنُ لَدَ الْبَا تُخْتَفَى ۞ نَحْوُعْتَصِمْ بِااللهِ تَلْقُ الشَّرَفَ
jika mim sukun bertemu ba’ itu di baca ikhfa’ (samar), seperti contoh عْتَصِمْ بِااللهِ
وَادْ غِمْ مَعَ الْغُنَّةِ عِنْدَ مِثْلِهَا ۞ وَاظْهِر لَدَى بَقِى الْحُرُوفِ كُلِّهَا
idghamkan beserta ghunnah ketika mim mati bertemu mim, dan idzharkan ketika bertemu sisa huruf hijaiyyah (selain ba dan mim)
وَاحُرْصْ عَلَى اْلأِظْهَارِ عِنْدَ الفَاءِ ۞ وَالْوَاوِ وَاحْذَرْدَا عيَ الإِخْفَاءِ
dan tetaplah terhadap idzhar ketika mim mati bertemu fa’ dan wawu, dan hati-hati terhadap ikhfa’
باب الإدغام
Idgham
إِدْغُامُ كُلِّ سَاكِنِ قَدْ وَجَبَا ۞ فِى مِثْلِهِ كَقَوْلِهِ إِذْدَ هَبَا
idgham setiap huruf yang mati itu wajib di 2 huruf sama (makhraj dan sifat), seperti: idz dzahaba / إِذْدَ هَبَا
وَقِسْ عَلَى هدَا سِوَا وَاو تَلاَ ۞ ضَمًّا وَيَاءِ بَعْدَ كَسْرِ يُجْتَلى
samakan terhadap ini kecuali wawu yang jatuh setelah dhammah, dan ya’ setelah kasrah maka di jelaskan (idhzar)
مِنْ نَحُوِ فِى يَوْمٍ لِيَاءِ اَظْهَرُوا ۞ وَالوَاوِ مِنْ نَحْوِاصْبِرُوْا وَصَابِرَو
contohnya ya فِى يَوْمٍ dan wawu contohnya اصْبِرُوْا وَصَابِرَو semuanya di izdhar-kan
وَالتَّاءُ فِى دَالٍ وَطَاءِ اَسْبَتُوا ۞ اِدْغَامَهَا نَحْوُ اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ
begitupun tetap idghammnya ta bertemu dal, seperti: اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ
وَامَنَتْ طَائِفَةُ وَاَدْغَمُوا ۞ الدَّالَ فِى الظَّاءِبِنَحْوِ اذْ ظَلَمُوْا
dan lafadz وَامَنَتْ طَائِفَةُ , dan ulama’ mengidhammkan dzal ke dzha’ seperti: اذْظَلَمُوْا
وَالدَّالَ فِى الثَاءِ بِلاَ مْتِرَاءِ ۞ وَلاَمَ هَل وَبَلْ وَقُلْ فِىْ الرَّءِ
dan dzal kedalam ta’ tanpa keraguan, dan lam hal, bal dan qul ke dalam ro
مِثْلُ لَقَدْ تَابَ وَ قُلْ رَبِّ احُكُمِ ۞ وَالْكُلُّ جَاءَ بَا تِّفَا قِ فَاعْلَمِ
seperti: لَقَدْ تَابَ,dan قُلْ رَبِّ. semuanya datang dengan kesepakatan(ulama), maka ketahuilah
باب أحكام لام التعريف ولام الفعل
Lam Ta'rif Dan Lam Fi'il
وَاَظْهِرَنَّ لاَمَ تَعْرِفِ لَذَى ۞ ارَبْعَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ تُوْجَدَ
Idharkan lam ta'rif Terhadap salah satu bagian dari 14 huruf yang terkumpul
فِى اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ ۞ وَفِى سَوَاهَامِنْ حُرُوْفٍ اَدْغِمَة
pada kalimat اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ sedang selain itu di Idgham
وَلاَفِعِل اَظْهِرَنَّ مُطْلَقَا ۞ فِيْمَا سِوَى لاَمٍ وَرَاءِ كَاالتَقَى
lam fi'il diizdhar kan secara mutlaq, kecuali bertemu lam dan ra contohnya التَقَى
وَاُلتَمِسُوْا وَقَلْ نَعَمْ وَقُلْنَا ۞ وَاظْهِرْ لِحَرُفِ الْحَلْقِ كَاصْفَحْ عَنَّا
Kata اُلتَمِسُوْا , قَلْ نَعَمْ dan قُلْنَا Idzharkan huruf halaq (yang bertemu huruf halaq yang berbeda) contohnya اصْفَحْ عَنَّا
ﻣَﺎﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣَﻊْ ﻣِﺜْﻠِﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴُﺪْ ﻏَﻢَ ۞ فِى مَثْلِهِ حَتْمًا كَمَا تَقَدَّ مَا
Bila hurufnya berbeda. apabila bertemu huruf halaq serupa maka idham seperti yang telah disebutkan
حروف التفخيم وحروف القلقلة
Huruf Tafkim Dan Huruf Qolqolah
وَاَحْرُفُ التَفُخِيْمِ سَبْعُ تُحْصَرُ ۞ فِىخُصَّ ضَفْطٍ قِطْ يعُلْ تُشَهَرُ
huruf Tafkhim ada 7 hurufnya terkumpul dalam kalimat
خُصَّ ضَفْطٍ قِطْ
ﻗَﻠْﻘَﻠَﺔٌ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻬَﺎﻗَﻂْﺏُ ﺟَﺪِ ۞ ﺑَﻴِّﻦْ ﻟَﺬَﻯ ﻭَﻗْﻒٍ ﻭَﺳَﻜْﻦٍ ﺗُﺮْﺷَﺪِ
huruf qalqalah terkumpul pada ﻗَﻂْﺏُ ﺟَﺪِ
bacalah lebih terang / jelas pada waqaf atau sukun
حروف المد وأقسامها
Huruf Mad Dan Pembagiannya
وَاَحْرُفُ الْمَدِّ تَلاَثُ تُّوصَفُ ۞ اَلُوَاوُ ثُمَّ الْيَاءُ ثُمَّ اْلأَلِفُ
Huruf mad (tanda panjang) ada tiga : alif wawu dan ya
وَشَرْطُهَا اسِكَانْ وَاوٍ بَعْدَ ضَمْ ۞ وَسَكْنُ يَاءٍ بَعْدَ كَسْرٍ مُلْتَزَمْ
Syaratnya sukun wawu setelah dammah, dan ya sukun setelah kasroh
وَألِفُ مِنْ بَعْدٍ فَتْحٍ وَقَعَ ۞ وَلَفْظُ نُوْ حِيْهَا لِكَُلِّ جَمَعَا
dan alif setelah harakat fathah
lapadz نُوْ حِيْهَا Nuhiha rangkuman contoh semuanya itu
ﻓَﺎِﻥْ ﻓَﻘَﺪْﺕَ ﺑَﻌْﺪَ ﺣَﺮْﻓِﻪِ ﺍﻟﺴُّﻜُﻮْﻥِ ۞ ﻭَﺍﻟْﻬَﻤْﺰُ ﻓَﺎﺍﻟْﻤَﺪُّ ﻃَﺒِﻴْﻌِﻰٌّ ﻳَﻜُﻦْ
Bila setelahnya (huruf mad) tiada tanda mati
dan hamzah itu namanya mad tabi'i
وِإِنْ تَلاَهُ الْهَمْزُ فِى كَلِمَتِهِ ۞ فَوَجِبٌ مُتَصِلٌ كَجَائَتِه
Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut Mad wajib muttasil contoh : جَائَتِه
ﺍِﻥْ ﺗَﻼَﻩُ ﻭَﺑِﺄُﺧْﺮَﻯ ﺍﺗَّﺼَﻠَﺎ ۞ ﻓَﺠَﺎﺋِﺰٌ ﻣُﻨْﻔَﺼِﻞٌ ﻛَﻼَﺇِﻟَﻰ
Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) tidak dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut mad Jaiz munfasil contoh : ﻼَﺇِﻟَﻰ
ﻭَﺇِﻥْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣَﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻣُﺸَﺪَّﺩَﺍ ۞ ﻓَﻼَﺯِﻡٌ ﻣُﻄَﻮَّﺍﻝٌ ﻛَﺤَﺂﺩَّﺍ
Apabila setelah mad ada tasydid maka itu adalah mad lazim mutsaqqal / mutawwal seperti ﺤَﺂﺩَّﺍ
كَذَاكَ كُلَّ سَاكِنٍ تَأَصَّلَ ۞ مُخَفَفا يَكُوْنُ اَوْمُثَقَلاَ
Begitupun setiap sukun huruf mati setelah mad yang asal itu mad lazim mukhaffaf atau mutsaqolah
وَمِنْهُ مَايَأتِى فَوَا تَحِّ السَّوَار۞ وَفِى ثَمَانِ مِنْ حُرُوْفِيْهَاظَهَر
Di antaranya hurup pembuka surat, jumlahnya 8 dapat kamu lihat.
فِي كَمْ عَسَلْ نَقَصَ حَصْ هَاعُرِف ۞ وَمَا سِوَاهَا فَطَبِيْعِ لاَأَلِف
terkumpul dalam kalimat : كَمْ عَسَلْ نَقَصَ sisanya alif mad tobi'i
وِإِنْيَكُنْ قَدْ عَرَضَ السُّكُوْنُ ۞ وَقْفًا فَعَارِضُ كَنَسْتَعِيْنُ
Kalau terpaksa sukun karena berhenti (mad arid lissukun) contoh نَسْتَعِيْنُ
خاتمة
Penutup
وَاخْتِمُ بِحَمْدِاللهِ وَالصَّلاَةِ ۞ عَلَى النَّبِىِّ طَيِّبِ الصِّفَاتِ
Akhiri memuji Allah dan sholawat pada nabi pemilik sebaik sifat
وَاْلأَلِ وَالصَّحْبِ مَعَ السَّلاَمْ ۞ اَبْيَتُهَا اَرْبَعُوْنَ بِالتَّمَامِ
Keluarga shahabat dan limpah salam, Bait nadzom kitab ini adalah 40 bait dengan sempurna
Waullohu A'lam
M. Rifqy Aziz Syafe'i