MABADI ASYRAH ILMU QOWAID FIQH

 





MABADI ASYRAH ILMU QOWA'ID FIQH



1.     Nama :

 

اِسْمُ هَذَا الْعِلْمِ :  عِلْمُ قَوَاعِدِ الْفِقْهِ، وَعِلْمُ الْقَوَاعِدِ الْفِقْهِيَّةِ، وَعِلْمُ الْاَشْبَاهِ وَالنَّظَائِرِ


Nama ilmu ini adalah ilmu Qowaid Fiqh, ilmu Qowa'id Fiqhiah, dan ilmu Asybah Wa Nadzo’ir



 

2.     Pengertian :

 

حَدُّهُ عِلْمٌ يَبْحَثُ فِيهِ عَنْ حُكْمٍ شَرْعِيٍّ فِي قَضِيَّةٍ أَغْلَبِيَّةٍ يُتَعَرَّفُ مِنْهَا أَحْكَامُ مَا دَخَلَ تَحْتَهَا


Ilmu Qowaid Fiqh adalah ilmu yang membahas hukum syariat didalam Qodhiyah Aglabiah (ketentuan yang lebih unggul /mencakup mayoritas persoalan) yang mana dengan hal tersebut dapat diketahui hukum-hukum yang masuk dibawahnya.



 

3.     Objek kajian :


مَوْضُوُعُهُ: اَلْقَضَايَا اَلْفِقْهِيَّةُ اَلْكُلِّيَّةُ مِنْ حَيْثُ دَلَالَتِهَا إِلَى حُكْمِ الْفُرُوعِ الْفِقْهِيَّةِ اَلْمُتَشَابِهَةِ اَلْمُنْضَبِطَةِ بِهَا، وَالْفُرُوعُ اَلدَّالْخَلَةُ فِي تِلْكَ الْقَضَايَا، وَمَا اُثْتُثْنِىَ مِنْهَا لِأَسْبَابِ الْخَاصَّةِ


Objek kajian ilmu Qowaid Fiqh adalah : (1) ketentuan-ketentuan fiqih yang bersifat universal ditinjau dari penunjukannya kepada hukum hukum persoalan furu’ fiqih yang serupa lagi tercakup didalamnya. (2) persoalan furu’ fiqih yang masuk didalam ketentuan qodhiyah tersebut. (3) dan persoalan furu’ fiqih yang terkecualikan (tidak termasuk) didalamnya.



 

4.     Faidah dan Tujuan mempelajari :


وَفَائِدَتُهُ ضَبْطُ الْمَسَائِلِ الْمُنْتَشِرَةِ الْمُتَعَدِّدَةِ، وَنَظْمُهَا فِي سِلْكٍ وَاحِدٍ، وَتَسْهِيلُ حِفْظِ الْفُرُوعِ، وَتَسَاعُدٌ عَلَى إِدْرَاكِ مَقَاصِدِ الشَّرِيعَةِ


Buah atau hasil atau faidah dari ilmu Qowaid Fiqh adalah melingkupi (menangkap) masalah-masalah fiqih yang banyak dan tersebar, menyusunnya didalam satu jalan, mempermudah menghafal furu’ fiqih, dan membantu untuk mendapati maqosid (tujuan) syariat.



 

5.     Masalah :


مَسَائِلُهُ: اَلْأَحْوَالُ اَلْعَارِضَةُ لِلْقَوَاعِدِ مِنْ حَيْثُ ضَبْطِهَا لِلْفُرُوعِ اَلْفِقْهِيَّةِ، وَلِلْفُرُوعِ اَلْفِقْهِيَّةِ مِنْ حَيْثُ دُخُولِهَا تَحْتَ نِطَاقِ الْقَاعِدَةِ أَوْ خُرُوجِهَا عَنْهَا


Masalah yang dikaji ilmu Qowaid Fiqh adalah kejadian-kejadian baru muncul bagi kaidah fiqih ditinjau dari menangkapnya kaidah tersebut kepada persoalan furu’ fiqih, dan kejadian baru bagi persoalan furu’ fiqih ditinjau dari masuknya persoalan tersebut kedalam suatu kaidah fiqih atau keluarnya (tidak termasuknya) persoalan tersebut dari kaidah fiqih



 

6.     Dasar pengambilan :


اِسْتِمْدَادُهُ: مِنَ الْأَدِلَّةِ الْعَقْلِيَّةِ وَالنَّقْلِيَّةِ.


Dasar pengambilan ilmu Qowaid Fiqh adalah dari dalil naqli (Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’) dan dalil Aqli (akal/Qiyas).



 

7.     Hukum mempelajari :


حُكْمُ الشَّارِعِ فِيْهِ: اَلْوُجُوْبُ الْعَيْنِيُّ عَلَى الْمُجْتَهِدِ وَالْمُفْتِى وَعَلَى مَنْ يَنْتَصِبُ لِلْقَضَاءِ، واَلْوُجُوْبُ الْكِفَائِيُّ : عَلَى أَهْلِ كُلِّ نَاحِيَةٍ..


Hukum mempelajari ilmu Qowaid Fiqh adalah (1) fardhu ain bagi setiap mujtahid, mufti, dan orang yang memegang kuasa dalam pengadilan agama islam. (2) fardhu kifayah bagi penduduk suatu daerah.


 

8.     Hubungan :


وَنِسْبَتُهُ لِبَاقِي العُلُوْمِ التَّبَاينُ، وأَنَّهُ مِنْ أَهَمِّ الْعُلُوْمِ الدِّيْنِيَّةِ، وَأَنَّهُ نَوْعٌ مِنْ أَنْوَاعِ الْفِقْهِ


Hubungan ilmu Qowaid Fiqh dengan ilmu lain adalah sebagai (pembeda/ perbandingan) dan  ilmu Qowaid Fiqh adalah salah satu ilmu yang sangat penting dari berbagai ilmu agama islam. Ilmu Qowaid Fiqh merupakan salah salah satu ragam dari ilmu fiqih.

 


9.     Keutamaan :


فَضْلُهُ: أَنَّهُ مِنْ أَشْرَفِ اَلْعُلُومِ لِشَرَفِ غَايَتِهِ، وَهُوَ الْعِلْمُ بِأَحْكَامِ اللَّهِ جَلَّ جَلَالُهُ اَلْمُتَضَمِّنُ لِلْفَوْزِ بِسَعَادَةِ الدَّارَيْنِ


Keutamaan ilmu Qowaid Fiqh adalah bahwa sesungguhnya ilmu Qowaid Fiqh adalah ilmu yang sangat mulia dari berbagai ilmu-ilmu. Karena kemuliaan tujuan dan faidahnya, yaitu mengetahui hukum-hukum Allah SWT yang mencakup pada keselamatan dunia-akhirat



 

10.  Pendiri :


وَاضِعُهُ مِنَ النَّاحِيَّةِ الْعَمَلِيَّةِ: سَيِّدُنَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَمَّا وَاضِعُهُ مِنَ النَّاحِيَةِ الْعِلْمِيَّةِ فَهُمُ الْأَئِمَّةُ الْمُجْتَهِدُوْنَ والراشخون في الفروع رَحِمَهُمُ اللهُ تَعَالَى، وَأَوَّلُ مَنْ جَمَّعَ قَوَاعِدَ الْفِقْهِ هُوَ الْإِمَامُ اَبُو طَاهِرٍ الدَّبَاسِي اَلْحَنَفِي وَالْاِمَامُ القَاضِي حُسَينٌ  الشَّافِعِيِّ


Pendiri ilmu Qowaid Fiqh dari sisi pengamalannya adalah : baginda kita nabi Muhammad SAW, adapun pendiri ilmu Qowaid Fiqh dari sisi ilmiah adalah para imam mujtahid (orang yang sudah memenuhi kelayakan intelektual dan akhlak untuk menggali hukum sendiri langsung kedalam Al-Qur’an dan Sunnah) dan para ulama yang mendalam ilmunya. Orang yang pertama kali mengumpulkan kaidah fiqih adalah Imam Abu Thohir Ad-Dabasi Al-Hanafi dan Imam Qodhi Husain As-Syafi’i.

 

 

 



Referensi :


  • Tahqiq Mabadi Al-Ulum Al-Ahad Asyar, Sholih Ali Rojab, Kairo-Mesir, Mathba’ah Wadhil Muluk
  • Al-Lu’lu’ Al-Mandzum Fi Mabadi Al-Ulum, Abu Ilyan Syafi’i, Kairo-Mesir, Farid Dhorghomi Al-Azhar

  • Al-Bidayah Fi Mabadi Ulum As-Syariyah, Kholid Bin Mahmud Al-Juhni, T.T - T.T, Maktabah Al-Alukah
  • Abjad Al-Ulum, Shodiq Bin Hasan Al-Qonuji, Kementerian Kebudayaan Dan Bimbingan Nasional Damaskus, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Kasyfu Adz-Dzunun, Haji Kholifah, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Idhah Al-Maknun Fi Adz-Dzaili Ala Kasyfi Adz-Dzunun, Isma’il Basya Bin Muhammad Amin Al-Baghdadi, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
  • Fawa’id Janiyah Hasyiah Mawahib Tsaniyah , Syeikh Yasin Al-Fadani, Beirut-Lebanon, Dar Al-Basya’ir Al-Islamiyah.
  • At-Tuhfah As-Saniyah Fi Al-Qowaid Wa Al-Fawaid Al-Fiqhiah,  Syeikh Ali bin Muhammad Al-Hindi, Kuwait, Maktabah Rawaq Al-Hanabilah
  • Qawa’id Fiqhiah Wa Tathbiqotuha Fil Madzahib Al-Arba’ah, Dr. Muhammad Musthofa  Zuhaili, Beirut-Lebanon, Dar Al-Fikr

 




M. Rifqy Aziz Syafe'i