MABADI ASYROH ILMU HADIS
(RIWAYAH – DIROYAH)
1.
Nama :
اِسْمُ هَذَا الْعِلْمِ: عِلْمُ الْحَدِيْثِ وَهُوَ نَوْعَانِ: اَلنَّوْعُ
الْأَوَّلُ عِلْمُ الْحَدِيثِ رِوَايَةً وَيُسَمَّى بِعِلْمِ السُّنَّةِ
النَّبَوِيَّةِ . وَالنَّوْعُ الثَّانِي عِلْمُ الْحَدِيثِ دِرَايَةً وَيُسَمَّى
بِعِلْمِ مُصْطَلَحِ الْحَدِيثِ، وَعِلْمِ أُصُولِ الْحَدِيثِ، وَعِلْمِ أُصُولِ
الرِّوَايَةِ، وَعِلْمِ مُصْطَلَحِ أَهْلِ الْأَثَرِ. وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا
مَبَادِئُ عَشرَةٌ
Nama ilmu ini adalah ilmu hadis. Ilmu ini terbagi
menjadi dua macam : pertama, ilmu hadis riwayat, dinamakan pula dengan na,a
ilmu sunnah nabawiyah. Kedua, ilmu hadis diroyah, dinamakan pula dengan ilmu mustholah
hadis, ilmu ushul hadis, ilmu ushul riwayat, dan ilmu muthalah ahli atsar.
Masing-masing bagi setiap dua jenis ilmu hadis ini mempunyai mabadi asy’roh
2.
Pengertian :
Ilmu
Hadits Riwayat
حَدُّ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً : عِلْمُ يَعْرِفُ بِهِ أَقْوَالُ
الرَّسُولِ - صَلَّى اَللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَأَفْعَالُهُ وَأَحْوَالُهُ
وَتَقْرِيرَاتُهُ وَصِفَاتُهُ الْخَلْقِيَّةُ وَالْخُلُقِيَّةُ، وَكَذَا مَا أُضِيفَ
إِلَى الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ مِنْ أَقْوَالِهِمْ وَأَفْعَالِهِمْ
Pengertian ilmu
hadis riwayat adalah ilmu yang mana dengannya dapat diketahui ucapan
rasullullah SAW, perbuatannya, keadaannya,
taqrir nya, dan sifat-sifatnya baik yang berupa sifat khalqiyah (fisik)
maupun sifat khuluqiyah (akhlak tingkah laku), begitu pula apa-apa yang
disandarkan kepada para sahabat dan tabi’in berupa ucapan dan perbuatan mereka.
Ilmu
Hadits Diroyah
حَدُّ عِلْمِ الْحَدِيثِ دِرَايَةً : عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ أَحْوَالُ السَّنَدِ
وَالْمَتْنِ، وَكَيْفِيَّةُ التَّحَمُّلِ وَالْأَدَاءِ، وَصَفَاتُ الرِّجَالِ ،
وَغَيْرُ ذَلِكَ.
Ilmu hadis diroyah adalah ilmu yang
mana dengannya dapat diketahui keaadan sanad hadis, matan hadis, tata cara
menanggung hadis, memberikan hadis, sifat para perawi hadis dan selain dari pada
itu.
وَيَنْدَرِجُ تَحْتَ عِلْمِ الْحَدِيْثِ دِرَايَةً عِدَةُ عُلُومٍ،
مِنْهَا: عِلْمُ الجَرْحِ وَالتَّعْدِيلِ، وَعِلْمُ رِجَالِ الحَدِيثِ، وَعِلْمُ
مُخْتَلَفِ الحَدِيثِ، وَعِلْمُ عِلَلِ الْحَدِيثِ، وعِلْمُ غَرِيبِ الْحَدِيثِ، وعِلْمُ
نَاسِخِ الحَدِيثِ وَمَنْسُوخِهِ.
dibawah ruang lingkup ilmu hadis dirayah terdapat beberapa ilmu hadis, diantaranya adalah : ilmu jarh wa ta’dil, ilmu
rijal hadis, ilmu mukhtalaf hadis, ilmu ilal hadis, ilmu ghoarib hadis, dan
ilmu nasikh dan mansukh hadis.
3.
Objek kajian :
Ilmu
Hadits Riwayat
مَوْضُوعُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً هُوَ ذَاتُ النَّبِيِّ - صَلَّى
اَللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - مِنْ حَيْثُ أَقْوَالِهِ وَأَفْعَالِهِ
وَتَقْرِيرَاتِهِ وَصِفَاتِهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Objek
kajian ilmu hadis riwayat adalah dzat nabi muhammad SAW ditinjau dari
ucapannya, perbuatannya, taqrirnya, dan sifat-sifatnya.
Ilmu
Hadits Diroyah
مَوْضُوعُ عِلْمِ الْحَدِيثِ دِرَايَةً : اَلسَّنَدُ وَالْمَتْنُ مِنْ
حَيْثُ الصِّحَّةِ وَالْحَسَنِ وَالضَّعْفِ وَنَحْوِ ذَلِكَ
Objek kajian ilmu hadis diroyah adalah sanad dan matan hadis ditinjau
dari ke absahannya, kebagusannya, dan kelemahannya.
.
4.
Faidah dan Tujuan mempelajari :
Ilmu
Hadits Riwayat
فَائِدَةُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً :
الْعِصْمَةُ عَنِ الْخَطَأِ فِي نَقْلِ أَقْوَالِ النَّبِيِّ - صَلَّى اَللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَأَفْعَالِهِ وَتَقْرِيرَاتِهِ وَصِفَاتِهِ. وَمِنَ
الثَّمَرَاتِ الْمَرْجُوَّةِ مِنْ تَعَلُّمِ عِلْمِ الْحَدِيثِ : الْعَمَلُ
بِالْمَأْمُورِ بِهِ وَالِانْتِهَاءِ عَنِ الْمَزْجُورِ عَنْهُ. وَالتَّخَلِّي
عَمَّا يَكْرَهُهُ اَلرَّسُولُ - صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَيَنْهَى
عَنْهُ . وَالتَّحَلِّي بِالْآدَابِ النَّبَوِيَّةِ. وَالْفَوْزُ بِسَعَادَةِ
اَلدَّارَيْنِ.
Faidah mempelajari ilmu hadis riwayat adalah menjaga diri dari kesalah
menukil ucapan-ucapan nabi muhammad SAW, perbuatannya, taqrirnya, dan
sifat-sifatnya. Diantara buah/faidah yang diharapkan dari mempelajari ilmu
hadis riwayat adalah mengamalkan apa-apa yang diperintahkan, menjauhi diri dari
perkara yang dilarang, mengosongkan diri dari hal yang dibenci dan dilarang
oleh nabi muhammad SAW, menghiasai diri dengan adab nabawiyah, dan selamat
dengan mendapatkan kebahagian dunia akhirat.
Ilmu
Hadits Diroyah
فَائِدَةُ عِلْمِ اَلْحَدِيثِ رِوَايَةً : مَعْرِفَةُ الْحَدِيثِ
الصَّحِيحِ وَالْحَسَنِ وَالضَّعِيفِ، وَالتَّمَكُّنُ عَلَى التَّمْيِيْزِ
بَيْنَهَا.
Buah atau
faidah ilmu hadis diroyah adalah mengetahui hadis yang shahih, hasan, dan dhoif,
serta mampu membedakan diantara derajat hadis-hadis tersebut.
5.
Masalah :
Ilmu
Hadits Riwayat
مَسَائِلُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً هِيَ قَضَايَاهُ اَلَّتِي تَذْكُرُ
فِيهِ ، كَقَوْلِ اَلنَّبِيِّ - صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - : (إِنَّمَا
اَلْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ) ، فَإِنَّهُ مُتَضَمِّنٌ لِقَضِيَّةِ النِّيَّةِ،
وَكَقَوْلِهِ - صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - : ( اَلْعَيْنُ حَقٌّ ) ،
فَإِنَّهُ مُتَضَمِّنٌ لِقَضِيَّةِ الْحَسَدِ
Masalah
ilmu hadis riwayat adalah ketentuan-ketentuan yang disebutkan didalamnya,
seperti ucapan nabi muhammad SAW “amal itu tergantung dengan niatnya” sesungguhnya
hadis itu mengandung ketentuan berniat dan seperti ucapan nabi Muhammad SAW: "ain (pengaruh jahat pada mata karena dengki) itu nyata" sesungguhnya hadis itu mengandung ketentuan sifat hasad.
Ilmu
Hadits Diroyah
مَسَائِلُ عِلْمِ اَلْحَدِيثِ دِرَايَةً : قَضَايَاهُ اَلَّتِي تَذْكُرُ
فِيهِ، وَأَوْصَلَهَا بَعْضُ الْعُلَمَاءِ إِلَى خَمْسَةٍ وَسِتِّينَ نَوْعًا،
وَمِنْهَا : اَلصَّحِيحُ بِأَنْوَاعِهِ ، وَالْحَسَنُ بِأَنْوَاعِهِ ، وَالضَّعِيفُ
بِأَنْوَاعِهِ، وَعَلَى الْاِخْتِصَارِ أَنَّ مَسَائِلَهُ: هِيَ الْمَسَائِلُ الْمُتَعَلِّقَةُ
بِالسَّنَدِ وَالْمَتْنِ مِنْ حَيْثُ الْقُبُولِ وَالرَّدِ
Masalah yang
dikaji ilmu hadis diroyah adalah ketentuan-ketentuan yang disebutkan
didalamnya. Sebagian ulama menghitung ketentuan tersebut mencapai 65 jenis,
diantaranya adalah shahih serta macam-macamnya, hasan serta macam-macamnya, dan
dhaif beserta macam-macamnya. Ringkasnya, masalah ilmu hadis diroyah adalah
persoalan yang terkait dengan sanad dan matan ditinjau dari diterima dan
ditolaknya hadis.
6.
Dasar pengambilan :
Ilmu
Hadits Riwayat
اِسْتِمْدَادُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً : مِنْ أَقْوَالِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَفْعَالِهِ وَتَقْرِيرِهِ وَهَمِّهُ
وَأَوْصَافِهِ الْخِلْقِيَّةِ ، وَأَخْلَاقِهِ الْمَرَضِيَّةِ
Dasar
pengambilan ilmmu hadis riwayat adalah dari ucapan, perbuatan, taqrir, sifat,
dan akhlaknya nabi muhammad SAW.
Ilmu
Hadits Diroyah
اِسْتِمْدَادُ عِلْمِ الْحَدِيثِ دِرَايَةً : مِنْ تَتَبُّعِ أَحْوَالِ
رُوَاةِ اَلْحَدِيثِ.
Dasar
pengambilan ilmu hadis dirayah adalah dari mengikuti keadaan para perawi hadis.
7.
Hukum mempelajari :
Ilmu
Hadits Riwayat
حُكْمُ الشَّارِعِ فِي عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً : فرضُ عينٍ عَلَى الْمُجْتَهِدِ
وَالْمُفْتِي، وَفَرْضُ كِفَايَةٍ عَلَى اَهْلِ كُلِّ النَّاحِيَةِ.
Hukum
mempelajari ilmu hadis riwayat adalah fardhu
ain bagi mujtahid dan mufti. Fardhu kifayah bagi sekumpulan penduduk suatu daerah.
Ilmu
Hadits Diroyah
حُكْمُ الشَّارِعِ فِيْ عِلْم الْحَدِيثِ دِرَايَةً: فرضُ عينٍ عَلَى الْمُجْتَهِدِ
وَالْمُفْتِي، وَفَرْضُ كِفَايَةٍ عَلَى اَهْلِ كُلِّ النَّاحِيَةِ
Hukum
mempelajari ilmu hadis diroyah adalah fardhu
ain bagi mujtahid dan mufti. Dan fardhu kifayah bagi sekumpulam penduduk suatu daerah.
8.
Hubungan :
Ilmu
Hadits Riwayat
وَنِسْبَةُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً لِبَاقِي العُلُوْمِ التَّبَاينُ، وأَنَّهُ مِنَ الْعُلُوْمِ الشَّرْعِيَّةِ النَّقْلِيَّةِ
Hubungan ilmu hadis riwayat dengan ilmu lain adalah sebagai tabayun
(pembeda / perbandingan), dan ilmu hadis riwayat merupakan salah satu dari ilmu syariat yang
bersifat naqliah (penukilan).
Ilmu
Hadits Diroyah
وَنِسْبَةُ عِلْم الْحَدِيثِ دِرَايَةً لِبَاقِي العُلُوْمِ التَّبَاينُ، وأَنَّهُ مِنَ الْعُلُومِ الشَّرْعِيَّةِ
Hubungan ilmu hadis diroyah dengan ilmu lain adalah sebagai tabayun (pembeda),
dan ilmu hadis diroyah merupakan salah satu dari ilmu syariat.
9.
Keutamaan :
Ilmu
Hadits Riwayat
فَضْلُ عِلْمِ الْحَدِيثِ رِوَايَةً: أَنَّهُ من أَشْرَفِ الْعُلُوْمِ لِتَعَلُّقِهِ بِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
keutamaan
ilmu hadis riwayat adalah
sesungguhnya ia termasuk salah satu ilmu uang paling mulia karena berkaitan
dengan nabi muhammad SAW.
Ilmu
Hadits Diroyah
فَضْلُ عِلْمِ الْحَدِيثِ دِرَايَةً: أَنَّهُ مِنْ أَشْرَفِ الْعُلُوْمِ لِتَعَلُّقِهِ بِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Keutamaan
ilmu hadis diroyah adalah sesungguhnya ia termasuk salah satu ilmu yang paling mulia karena berkaitan dengan nabi muhammad SAW.
10. Pendiri :
Ilmu
Hadits Riwayat
وَاضِعُ عِلْمِ الْحَدِيْثِ
رِوَايَةً: أَصْحَابُ اَلرَّسُولِ - صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -
اَلَّذِينَ تَصَدَّوْا لِضَبْطِ أَقْوَالِهِ وَأَفْعَالِهِ وَتَقْرِيرَاتِهِ
وَصِفَاتِهِ - صَلَّى اَللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - . وَأَوَّلُ مَنْ جَمَّعَ
حَدِيثَ رَسُولَ اَللهِ - صَلَّى اَللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - بَعْدَ
الصَّحَابَةِ - رَضِيَ اَللهُ عَنْهُمْ - هُوَ الْاِمَامُ أَبُو بَكْرٍ بنِ مُحَمَّدُ بنُ عَمْرٍو بنِ حَزْمٍ المتوفى سنة 120هـ، وقيل
: وَاضِعُهُ اَلْإِمَامُ مُحَمَّدُ
بْنُ مُسْلِمٍ بْنِ عَبْدِ اَللهِ بْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِي ، الْمُتَوَفَّى
سَنَةَ 124هـ
Pendiri
ilmu hadis riwayat adalah para sahabat rasullullah SAW yang mana mereka menjaga
ucapan, perbuatan dan sifat-sifat nabi muhammad SAW. Orang yang pertama kali mengumpulkan
hadis rasullullah SAW setelah generasi para sahabat adalah imam abu
bakar bin muhammad bin amr bin hazam (w:120 H), dan dikatakan dalam satu
pendapat bahwa orang yang mendirikan ilmu hadis riwayat adalah imam muslim bin abdullah bin syihab az-zuhri (w:124
H).
Ilmu
Hadits Diroyah
وَاضِعُ عِلْمِ الْحَدِيْثِ
دِرَايَةً: القَاضِي أَبُو مُحَمَّدٌ الْحَسَنُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الرَّامَهُرْمُزِي.
Pendiri
ilmu hadis diroyah adalah Imam Al-Qodhi Abu Muhammad Hasan Bin Abdurrahman
Ar-Ramahurmuzi.
Referensi :
- Tahqiq Mabadi Al-Ulum Al-Ahad Asyar, Sholih Ali Rojab, Kairo-Mesir, Mathba’ah Wadhil Muluk
- Al-Lu’lu’ Al-Mandzum Fi Mabadi Al-Ulum, Abu Ilyan Syafi’i, Kairo-Mesir, Farid Dhorghomi Al-Azhar
- Al-Bidayah Fi Mabadi Ulum As-Syariyah, Kholid Bin Mahmud Al-Juhni, T.T - T.T, Maktabah Al-Alukah
- Abjad Al-Ulum, Shodiq Bin Hasan Al-Qonuji, Kementerian Kebudayaan Dan Bimbingan Nasional Damaskus, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
- Kasyfu Adz-Dzunun, Haji Kholifah, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
- Idhah Al-Maknun Fi Adz-Dzaili Ala Kasyfi Adz-Dzunun, Isma’il Basya Bin Muhammad Amin Al-Baghdadi, Beirut-Libanon, Dar Ihya At-Turots Al-Arabi
- Minhatul Mughis , Syeikh Hafidz Hasan Mas’udi, Surabaya -Indonesia, Toko Kitab Imam.
- Ulum Hadis Wa Musthalahu hu, Dr. Subhi Ibrahim Shalih, Beirut-Lebanon, Dar Al-ilmi Lil Malayin.
- Al-Wasit Fi Ulum wa Musthalah Hadis, Abu Syu’bah Muhammad bin Muhammad bin Suwailim, Beirut-Lebanon, Dar Al-Fikr.
M. Rifqy Aziz Syafe'i